Ini Bedanya Gangguan Mental Pria dan Wanita

Posted on

Vera Farah Bararah – detikHealth

img
(Foto: thinkstock)

Jakarta, Ada banyak gangguan mental yang bisa dialami oleh masyarakat. Tapi studi menunjukkan gangguan mental yang sering dialami oleh perempuan dan laki-laki ternyata tidaklah sama.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa beberapa gangguan mental yang lebih sering dialami oleh laki-laki dan perempuan ternyata berbeda. Temuan ini menunjukkan bahwa perlu ada pencegahan dan upaya pengobatan yang spesifik berdasarkan gender.

Diketahui perempuan lebih cenderung mengalami gangguan kecemasan untuk menjaga emosi di dalam tubuhnya sehingga menyebabkan munculnya rasa kesepian dan depresi. Sedangkan pada laki-laki lebih cenderung mengekspresikan dan menunjukkan emosinya sehingga lebih ke arah impulsif atau pemaksaan dan agresif.

Tim peneliti menuturkan bagaimana perempuan dan laki-laki menginternalisasi dan mengeksternalisasi emosinya bisa menjadi dasar yang menjelaskan perbedaan masalah kesehatan mental berdasarkan jenis kelamin.

“Pada perempuan pengobatan mungkin fokus pada penanggulangan dan keterampilan kognitif untuk mencegah terjadinya kondisi depresi klinis yang signifikan,” ujar pemimpin studi Nicholas Eaton, dari University of Minnesota, seperti dikutip dari HealthDay, Rabu (24/8/2011).

Sementara itu Eaton mengungkapkan untuk laki-laki, pengobatan untuk perilaku impulsif lebih fokus pada tindakan yang direncanakan dan kecenderungan perilaku agresif yang tidak merusak.

Sebagian besar penanganan gangguan mental menggunakan terapi seperti kognitif dan perilaku, tapi pada beberapa kasus kadang memerlukan bantuan obat sehingga menggunakan terapi kombinasi. Gangguan mental yang tidak ditangani bisa mempengaruhi kualitas hidup seseorang yang akan menurun.

Studi ini menganalisis data dari tahun 2001-2002 terhadap 43.000 orang yang dilakukan oleh National Institutes of Health, dan telah diterbitkan dalam edisi online Journal of Abnormal Psychology.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s